Selasa, 30 Oktober 2012

Soal - soal Ujian Masuk Universitas



Soal UM UPI Fisika

Ujian Masuk Universitas Pendidikan Indonesia (UM-UPI) bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa unggul dengan memberi kesempatan kepada masyarakat secara lebih luas untuk menjadi mahasiswa, dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di UPI.

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dilaksankan melalui Seleksi Nasional dan Mandir. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terdiri dari Jalur Undangan dan Jalur Ujian Tulis. Seleksi Mandiri berupa Jalur Ujian  Masuk UPI (UM-UPI).

Download :
UM UPI Fisika 2010 (Kode 003)



Soal UM UNDIP Fisika




Jalur UM (Ujian Mandiri) Undip adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dimulai 2 Mei – 24 Juni. Informasi lengkap bisa diakses di : http://um.undip.ac.id.
Seleksi Ujian Mandiri ini adalah seleksi mahasiswa strata I (S1) di Universitas Diponegoro selain melalui jalur SNMPTN (Jalur Undangan dan Ujian Tertulis) dan PSSB Kemitraan. Seleksi Ujian Mandiri ini juga menjaring mahasiswa yang lulusan D-III untuk melanjutkan di Strata I (S1). Secara umum persyaratan Ujian Mandiri adalah sebagai berikut:
* Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2008, 2009, 2010 dan 2011.
* Memenuhi persyaratan kesehatan fisik dan tidak buta warna yang ditetapkan oleh program studi.
* Mengisi kesanggupan membayar SPMP (Sumbangan Pengembangan Manajemen Pendidikan).
* Untuk kelompok lanjutan Diploma III harus memilih PS yang sejalur.

Download :
UM UNDIP Fisika 2008 (KODE 581)
UM UNDIP Fisika 2009 (KODE 191)
UM UNDIP Fisika 2010 (Kode 101)
UM UNDIP Fisika 2010 (Kode 102)



Soal UM UGM Fisika


UM UGM adalah Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada yang diadakan dalam rangka mewujudkan peningkatan mutu pendidikan untuk pembangunan bangsa, dengan pertimbangan:
1. UGM memiliki daya tampung terbatas.
2. UGM memiliki komitmen pada pengembangan SDM nasional.
3. UGM menyadari kemampuan ekonomi masyarakat yang beragam.
4. UGM memperhatikan masyarakat tidak mampu.
5. UGM memperhatikan pengembangan bibit unggul daerah.
6. UGM mendukung pengembangan bakat olahraga dan seni.
7. UGM memperhatikan potensi masyarakat yang peduli akan kualitas pendidikan.
Jenis Program UM UGM :
1. Seleksi Nasional
2. Penelusuran Bibit Unggul
3. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) bagi siswa berprestasi, tetapi tidak mampu secara ekonomi. Seleksi dilakukan melalui undangan secara nasional kepada para Kepala SMA di seluruh Indonesia untuk mengirimkan siswa cerdas, tetapi tidak mampu secara ekonomi. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004. Semua peserta bebas biaya pendaftaran dan peserta yang diterima bebas biaya pendidikan 8 semester.
4. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi dengan Beasiswa (PBUBB) bagi siswa SMA seluruh Indonesia pemenang atau finalis olimpiade bidang ilmu pengetahuan tingkat nasional atau finalis tingkat internasional. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas dan Tes Potensi Akademik (TPA). Peserta yang diterima bebas biaya pendidikan 8 semester.
5. Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) bagi siswa SMA seluruh Indonesia pemenang di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional, atau finalis tingkat internasional. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas, Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Ilmu Pengetahuan Dasar (IPD), dan tes keterampilan.
6. Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah (PBUPD) bagi siswa SMA seluruh Indonesia dengan kemampuan akademik tinggi yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, dinas-dinas pemerintah di daerah, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel di daerah. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas.
7. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Download :
UM UGM Fisika 2003
UM UGM Fisika 2004
UM UGM Fisika 2005
UM UGM Fisika 2006
UM UGM Fisika 2007
UM UGM Fisika 2008
UM UGM Fisika 2009


Soal dan Pembahasan SIMAK UI Fisika


Seleksi Masuk (SIMAK) Univ. Indonesia adalah pola seleksi secara nasional yang tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial dan tingkat kemampuan ekonomi. SIMAK-UI adalah seleksi masuk untuk jenjang program S1 Regular, Vokasi, S1 Paralel dan S1 KKI, S2, Profesi dan S3 secara bersamaan. Dalam upaya pemerataan kesempatan belajar di UI, maka SIMAK-UI  dilaksanakan secara NASIONAL serentak di seluruh Indonesia dan Luar Negeri, sehingga siswa atau siapapun yang ingin masuk UI dapat mengikuti seleksi di 47 lokasi kota terdekat dengan tempat tinggalnya, tanpa harus datang ke Depok.
SIMAK-UI BUKAN jalur MANDIRI,dan UI tidak memiliki jalur Mandiri. Untuk Jenjang S1 Reguler, Biaya Pendidikannya sama jika diterima melalui jalur masuk lainnya seperti jalur PPKB (PMDK), UMB/SNMPTN dan Prestasi. Besarnya Biaya Pendidikan di S1 Regular adalah BERKEADILAN, bergantung kemampuan orangtua.
Berikut ini Soal dan Pembahasan SIMAK UI Fisika :
Soal :
SIMAK UI FISIKA 2009 (KODE 914)
SIMAK UI FISIKA 2009 (KODE 915)
SIMAK UI FISIKA 2009 (KODE 924)
SIMAK UI FISIKA 2009 (KODE 954)
SIMAK UI Fisika 2010 (Kode 504)
SIMAK UI Fisika 2010 (Kode 506)
SIMAK UI Fisika 2010 (Kode 507)
SIMAK UI Fisika 2010 (Kode 508)
SIMAK UI Fisika 2010 (Kode 509)
Pembahasan :
Pembahasan SIMAK UI Fisika 2010 (Kode 504)
Pembahasan SIMAK UI Fisika 2010 (Kode 506)
Pembahasan SIMAK UI Fisika 2010 (Kode 507)
Pembahasan SIMAK UI Fisika 2010 (Kode 508)
Pembahasan SIMAK UI Fisika 2010 (Kode 509)


sumber : blogfisikaku.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Daily in physics